Rabu, 19 November 2014

PENGENALAN SAKA KALPATARU DAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DIKENALKAN KE PRAMUKA PEDULI KLATEN


Mengingat Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana merupakan suatu wadah bagi mereka para relawan yang berkaitan langsung dengan lingkungan, peserta pendidikan dan latihan (Diklat) Pramuka Peduli dikenalkan dengan Saka Kalpataru dimana Katuan karya (Saka) Kalpataru.
Saka Kalpataru merupakan suatu wadah penegak yang bergerak dibidang lingkungan hidup. Maka dari itu karena dalam Pramuka Peduli dikenalkanlah dengan Saka Kalpataru. Pengenalan Saka Kalpataru tersebut turut didalami oleh Pramuka peduli selama dua hari yaitu Sabtu Minggu 27 s/d 28 September 2014 lalu di Sanggar Bhakti Nasional Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klaten.


Dalam kegiatan tersebut, para peserta turut menerima pemateri langsung dari pihak yang berkompeten, yaitu dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Klaten yang mengampu langsung Saka Kalpataru.
Bukan hanya materi saja yang diajarkan, tetapi para peserta langsung diajak praktik langsung dengan melihat lingkungan sekitar sekaligus melihat bagaimana mereka mengatasi masalah yang ada dilingkungan tersebut.

Bukan hanya itu, para peserta juga didik dengan pendidikan karakter dalam berbangsa dan bernegara. banyak sekali materi-materi yang didapatkan oleh para peserta.Dengan sistem belajar sambil melakukan, para peserta diharapkan akan menerapkan pendidikan karakter ini didalam kehidupan sehari-harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar