Rabu, 19 November 2014

PRAMUKA PEDULI BELAJAR JURNALISTIK DENGAN JOGLO POS

HUT Joglo Pos Ke VIII
Pramuka Peduli Ikuti Pelatihan Jurnalistik
KLATEN - Terkait Dalam Rangka HUT Joglo Pos yang ke VIII, Tim redaksi turut bekerjasama untuk mengisi rangkaian kegiatan Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana, Minggu (9/11) lalu dengan menggelar pelatihan jurnalistik di Sanggar Bhakti Nasional Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klaten.
Kegiatan yang diikuti para peserta Pramuka peduli yang diambil dari sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Kejuruan (SMK) yang ada di Kabupaten Klaten ini dilatih langsung oleh tim redaksi Joglo Pos yang diantaranya adalah Fadli As Sadik Haya dan Karyana.
Ketua Pramuka Peduli Muhammad Nurzaini mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kejurnalistikan kepada peserta didik agar mampu mengembangkan minat dan bakatnya di bidang PERS.
"Dalam program pramuka peduli salah satunya adalah pramuka peduli dapat berbuhungan dengan Mars Media, sehingga dengan pelatihan jurnalistik ini kelak, peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakat mereka," kata Muh Nur Zaini yang akrab disapa Jambul ini.
Dalam pelatihan jurnalistik ini, Tim redaksi Joglo Pos turut memberikan materi-materi dasar-dasar jurnalistik seperti bagaimana cara membuat berita yang telah didapatkan dan teknik-teknik wawancara dengan narasumber. Bukan hanya itu, Tim Joglo Pos mengajak para peserta dengan melakukan praktik secara langsung.
Menurut Triyas Chusnul (15) yang berasal dai SMAN 1 Wonosari Klaten ini, kegiatan pelatihan jurnalistikan ini sangat menyenangkan dengan bertambahnya teman-teman baru setelah praktik wawancara. "Kegiatan ini sangat menyenangkan sekali, kami berharap peserta pramuka peduli bisa memahami dan bila perlu mempraktikkannya langsung," katanya.
Pelatihan jurnalistik ini dimaksudkan untuk melatih mental para peserta agar tidak malu-malu lagi apabila bertatap muka dengan orang yang belum ia kenal.
Sementara itu, Pimpinan Redaksi Joglo Pos, Ahmad Paidi Aji turut berharap agar setelah diadakan pelatihan jurnalistik ini, para peserta dapat memahami, mempraktekkan dan menggapai ilmu kejurnalistikan agar kelak berguna di masa depan para siswa, khususnya yang berminat di bidang jurnalistik.
"Setelah melakukan pelatihan jurnalistik para anggota pramuka harus banyak berlati untuk membuat berita yang benar dan menulis berita sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Dengan harapan pelatihan jurnalistik itu pada saatnya menjadi bekal bagi para siswa untuk terjun di dunia kerja, khususnya bagi para siswa yang benar-benar berminat dalam bidang jurnalistik," harap Paidi. (pramuka peduli/fad)
Penulis: Ayu Wulandari (SMAN 1 Cawas), Ivo Kristina P (SMAN 1 Prambanan), Putri Dyah Aswuntami (SMAN1 Prambanan), Rostri Anisa Nur Aini (SMAN 1 Prambanan)




































Tidak ada komentar:

Posting Komentar